Avenue8 Offices

View Original

5 Manfaat Yang Tidak Banyak Diketahui Tentang Bekerja di Coworking Space

Sekarang ini pengusaha memiliki pilihan yang jauh lebih baik dan ramah bisnis: coworking space.  Coworking Space ini adalah kantor komunal di mana berberapa perusahaan berbagi ruang kerja sehingga biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan lebih rendah. Coworking Space juga menyediakan fasilitas bisnis seperti meeting room dan mesin fotokopi, dll. Dalam berberapa tahun terakhir ini, konsep coworking space telah menggemparkan dunia usaha, terutama di Jakarta. Perusahaan dan karyawan mereka dapat menggunakan ruang ini selama mereka suka dan membangun bisnis mereka dengan semua alat profesional yang dibutuhkan. 

Faktanya adalah bahwa coworking space dapat berdampak positif bagi startups dan perusahaan baru. Ada sejumlah keuntungan yang tak terbantahkan dari coworking space, seperti mengurangi biaya overhead dan memberikan klien ada kesana pertama yang positif. Coworking Space ini telah menjadi katalis bagi banyak bisnis baru. Selain itu, ada beberapa manfaat dari coworking space yang kurang nyata dan kurang dikenal. 

 

Berikut adalah beberapa manfaat yang belum direalisasi dari bekerja di coworking space: 

Suasana yang Lebih Kreatif dan Produktif

Bekerja sendirian di lingkungan terpencil, seperti garasi atau kamar tidur Anda, bisa membosankan dan mengganggu produktifitas Anda. Mungkin ada banyak gangguan di rumah yang untungnya tidak ada di lingkungan kerja yang profesional. Masalah-masalah ini sama lazimnya bagi pengusaha yang bekerja dari kafe lokal. Ada terlalu banya  hal untuk mengalihkan perhatian Anda dari tugas yang ada. 

Coworking Space ini telah menjadi katalis bagi startups di Indonesia (Source: Avenue8 Offices)

Tim Anda dapat menikmati ruang kerja yang nyaman dan ramah bisnis 

 Freelancer, wirausahawan, pemula ... kita semua pernah ke sana. Klien bernapas di punggung Anda, tenggat waktu menjulang di atas kepala Anda dan kemudian ... internet mati.  Masalah internet yang buruk di rumah atau di perpustakaan setempat mudah dilewati di coworking space. Ruang-ruang ini penuh dengan beberapa fasilitas ramah bisnis yang luar biasa yang dapat membuat hidup jauh lebih mudah bagi pebisnis pemula. Santai dan atur bisnis Anda untuk penjualan dan kesuksesan. Selain koneksi internet yang andal, Anda juga akan menemukan meja kerja yang nyaman, kursi dan pencahayaan yang cocok untuk semua anggota tim. Kemungkinan akan ada printer untuk digunakan semua orang, meeting room untuk berdiskusi dengan tim Anda dan dapur lengkap, serta area rekreasi untuk beristirahat atau bergaul dengan teman satu tim Anda. Anda mendapatkan akses relasi eksklusif ke sumber daya bisnis yang anda butuhkan. 

 Salah satu kelemahan bekerja sendiri di rumah adalah Anda tidak menemukan peluang berjejaring dengan teman sebaya dan individu untuk bisa bertukar pikiran. Karenanya, Anda mungkin akan kehilangan beberapa panduan dan sumber daya yang bermanfaat jika anda bekerja sendiri dirumah atau tempat lain.  Namun, bekerja dalam lingkungan kerja bersama kolaboratif akan memaparkan Anda pada peluang dan ide baru. Anda dapat mengetahui tentang acara industri yang akan dihadiri, atau menerima beberapa saran penting tentang perangkat lunak manajemen transaksi dari seseorang yang mungkin belum pernah Anda dengar. Karena setiap orang bekerja ke arah tujuan yang sama untuk membangun bisnis dan mengamankan perjanjian yang menguntungkan, Anda dapat saling memahami dengan mudah dan belajar dari satu sama lain. 

 

Akuntabilitas yang lebih baik 

Salah satu bagian paling menantang dari menjadi wiraswasta adalah meminta pertanggungjawaban diri sendiri atas waktu dan uang yang dihabiskan. Ketika Anda hanya memiliki diri untuk menjawab, menjadi sulit untuk menemukan motivasi untuk memenuhi harapan yang tinggi. Tetapi ketika Anda membayar untuk ruang kerja, meskipun jumlahnya sedikit, Anda lebih cenderung memperbarui akun dan pengeluaran. Selain itu, memiliki orang lain dan tim di sekitar juga dapat menginspirasi orang untuk melakukan yang terbaik dan tetap antusias dalam menghadapi kesulitan kewirausahaan. Adanya tujuan dan rencana tim di tempat terbuka dan selalu tersedia untuk perbandingan akan membuat Anda bertanggung jawab untuk mewujudkannya.  Kemajuan startup Anda tergantung pada Anda, tetapi bekerja dengan tim lain akan memberi Anda dorongan moral yang diperlukan untuk memberikan yang terbaik. Coworking Space memungkinkan Anda mengatur jadwal, sehingga Anda dapat bekerja sesuai keinginan, saat Anda ingin mencapai tujuan. 

 

Suasana menyenangkan 

Sebuah survei yang dilakukan pada Coworkign Space menemukan beberapa temuan mengejutkan. Sebagai permulaan, 68% dari kelompok berpendapat bahwa mereka memiliki konsentrasi yang lebih baik di tempat kerja ketika mereka bekerja dari coworking space. Demikian pula, 70% mengatakan mereka merasa lebih sehat daripada di kantor tradisional, dan 91% mengakui bahwa keterampilan komunikasi mereka telah meningkat. Awal memiliki bisnis pasti melelahkan, mengalahkan, dan berkali-kali, bisa sangat kejam. Tapi kami tetap melanjutkan perjuangan karena masa depan yang sangat berharga. 

 Mengitari diri Anda dalam coworking space yang berkualitas mungkin menjadi rahasia untuk memenangkan perang. Anda akan menemukan orang-orang yang sedang mengalami hal yang sama, bersama dengan banyak orang lain yang telah menghadapi rintangan ini dan menang. Kehadiran mereka harus menjadi pengingat bahwa kita semua bersama-sama. 

 

Kata terakhir 

Coworking Space adalah solusi hebat bagi freelancer dan pengusaha yang ingin berada di tengah-tengah aksi tanpa menunggu bisnis mereka tumbuh. Bahkan, bahkan organisasi besar semakin beralih ke kantor publik ini untuk mengakomodasi karyawan keliling mereka atau kelebihan staf, yang membutuhkan ruang mereka sendiri untuk melaksanakan proyek-proyek penting.  Jika Anda seorang pengusaha pemula, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencoba opsi ini untuk melihat bagaimana hal itu membuat bisnis Anda berkembang. 


——————————————-  

Do you still have more questions about the benefits of Coworking? Drop us a message today to know more about how we can help your business.  

  

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.   

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.