Avenue8 Offices

View Original

Coworking Space vs Hotels Pros and Cons | Meeting Room Jakarta

Coworking Space dan Serviced Office di Jakarta memberikan alternatif yang baik dan ekonomis untuk penyelenggaraan meeting di Jakarta Pusat. Dengan pertumbuhan pesat coworking space di Jakarta, kini makin mudah untuk menemukan Coworking Space untuk mengadakan meeting di mana pun Anda berada di Jakarta. Mari kita lihat pro dan kontra dari mengadakan meeting di Coworking Space vs hotel. 

Pros

Alternatif  Yang Lebih Ekonomis dari Hotel

Coworking Space di Jakarta biasanya mengenakan tarif per jam untuk sewa Meeting Room, sedangkan hotel biasanya mengenakan biaya per peserta rapat. Saat mengadakan rapat di Coworking Space, pengeluaran Meeting Room Anda tidak akan meningkat saat Anda menambah jumlah peserta Meeting Room. Misalnya, layout Meeting Room di Avenue8 dapat diatur ulang (contohnya boardroom, seminar, classroom, focus group discussion, dll) untuk berpotensi menampung lebih banyak peserta tanpa biaya tambahan! Ini biasanya akan menghasilkan pengeluaran Meeting Room yang lebih rendah secara keseluruhan.

Lokasi dan Fasilitas Premium

Kesalahpahaman umum tentang Coworking Space di Jakarta adalah bahwa mereka hanya melayani bisnis kecil atau startup, sehingga tidak terletak di pusat kota. Namun, ini tidak benar sama sekali; Banyak perusahaan mapan memilih untuk pindah ke Coworking Space karena banyak kemudahan yang disediakan oleh Coworking Space. Dengan demikian, Coworking Space juga telah pindah ke gedung perkantoran kelas A di lokasi kelas A yang terletak di area yang sama dengan hotel paling bergengsi di Jakarta. Mengadakan meeting di Coworking Space di Jakarta bisa sama bergengsi dan mewahnya seperti mengadakan meeting di hotel! Karena sebagian besar Coworking Space di Jakarta relatif baru, mereka biasanya menyediakan fasilitas meeting baru dan canggih. 

RUANG RAPAT KAMI DIRANCANG DENGAN KOMBINASI DESAIN SKANDINAVIAN DAN UNSUR KAYU KHAS INDONESIA (SOURCE: AVENUE8 OFFICES)

Lebih Banyak Fleksibilitas 

Coworking Space biasanya menawarkan lebih banyak fleksibilitas pada hal-hal seperti jam sewa, pilihan makanan, dan layout ruangan. Misalnya, dalam hal jam sewa, sebagian besar Coworking Space memungkinkan klien untuk menambahkan lebih banyak jam di akhir jika rapat berjalan lembur; di sisi lain, karena Meeting Room di hotel biasanya dikemas dalam blok 3, 5, atau 8 jam, (jika diizinkan sama sekali), biaya lembur yang besar akan dibebankan kepada klien. Dalam hal pilihan makanan dan minuman, Coworking Space dan Serviced Office di Jakarta biasanya akan memungkinkan peserta Meeting Room untuk menyediakan konsumsi mereka sendiri. Hotel, di sisi lain, biasanya akan meminta klien untuk memenuhi konsumsi meeting mereka dari restoran hotel. 

Akses ke Fasilitas Pusat Bisnis dan Peluang Jaringan 

Beberapa Coworking Space juga akan menawarkan Coworking Pass gratis untuk digunakan oleh peserta meeting room sebelum atau setelah meeting mereka. Sebagai contoh,di Avenue8, peserta meeting room kami akan sering memanfaatkan kesempatan ini untuk menikmati pengalaman coworking  dan networking dengan anggota kami. Sebagai bonus tambahan, Avenue8 Concierge juga ditawarkan kepada semua klien meeting room kami! Jadi tidak masalah jika Anda hanya berada di Avenue8 selama 1 jam, Anda masih dapat menikmati pengalaman Avenue8 selengkapnya! 

Cons

Mungkin Tidak Dapat Mengakomodasi Acara Besar 

Karena sebagian besar Coworking Space dan Service Office di Jakarta berlokasi di gedung kantor di mana ruangnya agak terbatas dan memiliki anggota yang bekerja selama jam kerja, Meeting room dan event space di Coworking Space mungkin tidak dapat mengakomodasi acara besar seperti konferensi pers, pameran, konferensi, dan pameran dagang (trade show). Karena pembatasan ruang ini, meeting room di coworking space dan kantor di Jakarta lebih cocok untuk meeting bisnis skala kecil, pelatihan, kelas, dan pertemuan komunitas. 

Mungkin Tidak Tepat untuk Klien Profil Tinggi 

Klien profil tinggi tertentu mungkin memerlukan tingkat privasi dan kebijaksanaan yang lebih tinggi untuk meeting mereka. Karena akan ada anggota yang bekerja selama jam kerja, coworking space dan serviced office di Jakarta mungkin tidak dapat memberikan tingkat privasi  yang setinggi hotel. Hotel, di sisi lain, biasanya akan memiliki lebih banyak staf dan personel untuk menangani acara semacam itu. 

——————————————-  

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.   

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.