Coworking Space Jakarta | Mengapa Perusahaan Besar Mulai Pindah ke Coworking Space?

Banyak perusahaan yang masih enggan untuk memindahkan bisnis nya ke coworking space karena mereka mengira coworking space hanya untuk perusahaan kecil atau startups (Baca: Common Misconceptions about Coworking Spaces).  Namun, Faktanya, menurut Coworking Resources, banyak perusahaan besar yang sudah mulai pindah ke Coworking Space.  Mengapa banyak perusahaan besar, yang semestinya punya dana yang cukup untuk menyewa kantor tradisional, kini kian menyewa kantor di coworking space? Mari kita simak alasan-alasan nya berikut:

1.  Value for Money yang diberikan Coworking Space

Salah satu alasan mengapa perusahaan besar kian pindah ke coworking space adalah karena coworking space bisa memberikan kepada mereka value for money yang lebih baik. Harga sewa di Coworking Space Jakarta biasanya juga menggunakan system “ All In”, dalam arti kata, biaya sewa sudah termasuk furniture, listrik, internet, konsumsi (coffee, tea, water, snacks), biaya kebersihan, concierge (Baca: What Avenue8 Concierge Can Do For You), dan lain-lain. Perusahaan juga tidak perlu lagi memiliki office manager untuk mengatur dan meneyediakan hal-hal seperti ini untuk karyawan-karyawan lain. Dengan menghuni kantor yang sama dengan berberapa perusahaan lain, pastinya biaya operasional kantor juga akan lebih rendah; berdomisili di gedung yang prestis di pusat kota akan menjadi opsi yang lebih terjangkau bagi perusahaan.

Tentunya, memiliki kantor sendiri untuk perusahaan Anda sendiri akan memberikan tamu dan clients Anda kesan pertama yang hebat. Tetapi, memiliki kantor sendiri juga mendatangkan tagihan yang cukup besar, dan terkadang justru menjadi beban keuangan, operasional, dan mental. Dengan kenyamanan dan prestis yang diberikan oleh Coworking Space, banyak perusahaan yang mulai lebih suka berdomisili di coworking space dibanding menyewa kantor tradisional.

2. Coworking Space = Kantor Satelit atau Kantor Cabang Perusahaan

Banyak perusahaan yang menyewa berberapa ruangan di Coworking Space untuk dijadikan kantor satelit perusahaan. Dengan menambahkan kantor satelit, karyawan dapat memilih kantor mana yang lebih dekat ke rumah mereka sehingga tidak harus membuang terlalu banyak waktu di jalan dan bisa lebih produktif semasa jam kerja. Perusahaan yang sudah memiliki kantor sendiri juga terkadang membutuhkan coworking space untuk dijadikan kantor cabang karena alasan tertentu. Contohnya, untuk lebih dekat ke kantor client, atau jika kantor pusat mereka sudah tidak ada tempat lagi untuk menambah karyawan atau team baru.


3. Masa Sewa Yang Lebih Flexible

Banyak kantor tradisional yang mengharuskan tenant untuk menyewa kantor selama minimal 3-5 tahun. Ditambah lagi dengan biaya fitting out yang sangat mahal, menyewa kantor hanya menguntungkan jika perusahaan menyewa dengan jangka panjang. Dengan siklus ekonomi yang semakin susah di prediksi, jangka sewa yang panjang dan biayar operasional yang tinggi kian memberatkan cash flow perushaan. Coworking space di Jakarta biasa nya menawarkan masa sewa yang flexible, per hari, per bulan, dan per tahun. Paket sewa juga biasa nya bisa di downgrade atau upgrade kapan saja. Contohnya, jika perusahaan ingin menambah atau mengurangi karyawan, maka perusahaan bisa menambah atau mengurangi ruangan kapan saja.


4. Kenyamanan & Pelayanan Bintang 5

Coworking space dan serviced office di jakarta biasa nya juga menyediakan pelayanan seperti resepsionis, call handling, daily cleaning, concierge, dll. (SOurce: Avenue8 offices)

Coworking space dan serviced office di jakarta biasa nya juga menyediakan pelayanan seperti resepsionis, call handling, daily cleaning, concierge, dll. (SOurce: Avenue8 offices)

Coworking Space di Jakarta biasa nya juga menyediakan fasilitas yang dapat memudahkan bisnis anda dan mengurangi biaya operasional perusahaan Anda. Perusahaan besar biasa memiliki Office Manager atau HRD yang bertanggung jawab untuk mengatur operasional kantor, contohnya dalam segi kebersihan, mengurus front desk, mengatur office boy, menyediakan konsumsi dan supplies kantor lain nya, dan lain lain. Coworking Space biasa nya sudah menyediakan office manager, yang dapat mengatur ini semua. Coworking space biasa nya juga sudah menyediakan fasilitas seperti daily office cleaning, phone handling, guest management, free flow drinks, dll.  Sebagian coworking space, seperti Avenue8, bahkan juga menyediakan layanan concierge untuk membantu members nya melakukan berbagai task kecil yang menyita waktu agar members bisa fokuskan waktu mereka melakukan hal yang lebih penting.

Di coworking space, pimpinan perusahaan tidak perlu khawatir lagi tentang pengaturang kantor karena kantor sudah dikelola oleh pengelola coworking space yang professional. Selain bisa lebih focus menjalankan bisnis mereka, pimpinan perusahaan juga bisa menghemat biaya karena kini perusahaan tidak perlu Office Manager lagi.  


5. Meningkatkan Interaksi Dengan Startup yang Inovatif

Coworking space memberikan Anda banyak peluang untuk mengembangkan jaringan atau relasi bisnis. Di coworking space, karyawan perusahaan akan bertemu entrepreneur, freelancer, dan karyawan startup lainnya. Setiap hari akan menjadi peluang bisnis yang cerah untuk bersosialisasi dengan orang lain, bahkan mereka bisa membantu Anda. Siapa sangka, saat mengobrol di dapur Anda bisa memulai kemitraan profesional. Beberapa perusahaan besar memilih coworking space agar bisa lebih dekat dengan inovator di lapangan. Karena, coworking space cenderung memiliki konsep kolaboratif dalam suasana yang santai dan alami untuk berinteraksi sesama pekerja. Hal ini akan memberikan bisnis Anda akses ke jaringan bisnis startup dengan ide-ide yang mengubah industri teknologi yang lebih inovatif.

 ——————————————-

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.