Melakukan Bisnis di Indonesia | Memulai Bisnis di Indonesia

Mengapa Memulai Bisnis di Indonesia?

Indonesia adalah pasar yang menarik bagi investor lokal maupun asing dikarenakan populasinya yang besar, pasar domestik kuat, upah yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga, dan lokasinya yang strategis di Asia Tenggara. Dalam upaya untuk "Make Indonesia 4.0", pemerintah juga berusaha untuk meningkatkan iklim investasi dan menerapkan kebijakan yang lebih ramah bisnis untuk menarik investor asing. Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat peningkatan yang pesat dalam kepemilikan smartphone di antara penduduk Indonesia dan meningkatnya jumlah pekerja usia produktif yang fasih menggunakan produk digital. 

Indonesia adalah pasar yang menarik bagi investor lokal maupun asing dikarenakan populasinya yang besar, pasar domestik kuat, dan upah yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Indonesia adalah pasar yang menarik bagi investor lokal maupun asing dikarenakan populasinya yang besar, pasar domestik kuat, dan upah yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga.



Bagaimana Cara Masuk ke Pasar Indonesia?



Gunakan Konsultan dan Notaris yang Terpecaya

Indonesia terkenal memiliki peraturan bisnis yang relatif rumit dan banyak pengusaha baru yang bingung menghadapi nya. Namun, jangan biarkan ini menghambat aspirasi usaha anda! Pastikan untuk menggunakan konsultan legal dan notaris yang terpecaya dalam membantu Anda mendirikan perusahaan Anda. Pilihlah konsultan legal dan notaris yang mengerti kebutuhan bisnis Anda dan dapat memberikan Anda nasehat bisnis yang tepat.



Siapkan Ruang Kerja Yang Nyaman

Pastikan untuk mendapatkan ruang kantor di Jakarta Pusat agar And bisa lebih dekat dengan aktifitas bisnis. Memiliki alamat bisnis yang terletak di gedung perkantoran bergengsi di kawasan pusat bisnis juga akan meningkatkan citra perusahaan Anda dan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda di mata pelanggan, supplier, calon investor, serta calon karyawan. Dengan pesatnya pertumbuhan coworking space dan serviced office di Jakarta, menyewa ruang kantor di wilayah CBD Jakarta semakin terjangkau untuk perusahaan kecil. Masih lebih suka work from home? Anda juga bisa menggunakan layanan virtual office. Dengan berlangganan layanan virtual office,  Anda bis mendapatkan akses ke fasilitas bisnis bergengsi dan juga memiliki fleksibilitas untuk bekerja di mana saja. 

Berlangganan Virtual Office adalah cara yang paling praktis dan ekonomis untuk startup dan perusahaan baru untuk memiliki alamat bisnis prestisius di pusat kota Jakarta (Source: Avenue8 Offices)

Berlangganan Virtual Office adalah cara yang paling praktis dan ekonomis untuk startup dan perusahaan baru untuk memiliki alamat bisnis prestisius di pusat kota Jakarta (Source: Avenue8 Offices)



Hadiri Acara Komunitas Startup 

Luangkanlah waktu untuk menghadiri seminar dan startup community events untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang target pasar Anda. Anda juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk  networking dengan pemilik bisnis lain dan calon investor juga! Banyak coworking space di Jakarta yang juga sering mengadakan acara networking / community event untuk mendukung perkembangan startups dan pengusaha kecil.



Bertukar Pikiran Dengan Perusahaan Venture Capital Yang Aktif di Pasar Anda

Jika Anda sudah memiliki ide atau prototipe bisnis yang sudah berjalan, carilah kesempatan untuk berbicara dengan VC dan investor yang sudah aktif di pasar yang sedang Anda jajaki untuk mendapatkan pendapat mereka tentang ide bisnis Anda. Walaupun Anda mungkin belum membutuhan pendanaan  dari venture capital,  setiap pasar memiliki keunikan tersendiri  dan tidak ada ruginya untuk bertukar pikiran dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di pasar yang sedang Anda jajaki. Banyak Venture Capital yang secara rutin menyelenggarakan pertemuan meetups dan community events (online & offline) agar lebih mudah mendapat akses ke startup-startup yang kreatif.



——————————————-  

Do you still have more questions about the benefits of Coworking? Drop us a message today to know more about how we can help your business.  

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.   

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.