Indonesia Business Outlook: Peluang Bisnis di Tahun 2020

2019 bukan lah tahun yang gampang untuk pebisnis di Indonesia. Di Indonesia sendiri hingga saat ini, sektor bisnis lebih dikuasai oleh pebisnis asing. Para pelaku bisnis asing tersebut memanfaatkan keuntungan dari bisnisnya di Indonesia. Alasannya antara lain:

1)      Masyarakat Indonesia yang bersifat sangat konsumtif sehingga memungkinkan produk dari bisnis mereka akan laku besar di Indonesia.

2)      Sumber Daya Manusia di Indonesia melimpah, namun tidak dimaksimalkan dengan baik sehingga mereka bisa memberi upah atau gaji lebih rendah.

3)      Potensi diri warga Indonesia sangat tinggi, namun tidak didukung dengan modal yang memadai sehingga mereka dapat membeli inovasi bisnis dari warga Indonesia.

4)      Indonesia menjadi pusat perhatian di bidang wisata, sehingga memungkinkan mereka mengeluarkan modal untuk pembangunan di Indonesia.

Sekarang saatnya warga Indonesia bangkit. Tahun 2019 akan segera berakhir dan berganti tahun 2020. Setiap tahun baru datang, maka akan banyak orang yang meresolusi perubahan dalam bisnisnya.

Resolusi tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis yang ditekuni. Bagi Anda pebisnis di Indonesia, sudah seharusnya memikirkan trending bisnis yang akan memberikan keuntungan besar bagi Anda di tahun 2020 nanti. Berikut ini beberapa pilihan bisnis yang diperkirakan akan mencuat pada tahun 2020 nanti.

 

1.  Bisnis Desain Grafis

Tahun 2020 akan menjadi proyek besar bagi beberapa designer. Pada tahun ini akan terselenggara Pilkada pada 270 daerah di Indonesia. Para pelaku bisnis desain grafis akan memiliki banyak target pasar dalam bisnisnya. Untuk keperluan kampanye para calon legislatif dari berbagai daerah, tentunya dibutuhkan alat peraga seperti spanduk, banner, poster, souvenir, baliho, dan lain sebagainya.

Dengan pertumbuhan startups yang sangat pesat di Indonesia, perusahaan-perusahaan juga akan memerlukan jasa branding dan desain grafis untuk menunjang bisnis nya. Desain grafis merupakan jasa yang penting untuk perusahaan baru karena branding yang baik bisa mengubah produk yang biasa menjadi produk yang mewah.

2. Bisnis Digital Agency

Bisnis Digital Agency pada tahun 2020 pasti akan lebih melejit lagi. Bisnis yang cukup menawarkan jasa untuk iklan atau promosi dengan memanfaatkan media sosial seperti youtube, facebook, Instagram, dan lain sebagainya sangat diperlukan. Terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang digital. Tujuannya adalah untuk mempromosikan produknya lebih luas dan dikenal banyak masyarakat.

3. Bisnis Kuliner

Kuliner merupakan bagian dari kebutuhan primer manusia tentu akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Bisnis kuliner sangat mengedepankan taste. Jika lidah cocok, maka pembeli akan terus ketagihan dan membeli lagi. Bagi Anda yang mampu berinovasi dalam hal kuliner, Anda dapat memaksimalkan bisnis ini. Bahkan jika perlu, Anda dapat memasarkannya di pusat perkantoran atau pusat bisnis yang di dalamnya disediakan tempat untuk sewa kantor dan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan serta kuliner. Dengan perkembangan ekonomi individu di Indonesia, permintaan untuk healthy food dan lifestyle juga kian perkembang. Ini juga salah satu peluang bisnis di tahun 2020.

 

4. Bisnis Payment Point Online Bank (PPOB)

Bisnis Payment Point Online Bank (PPOB) pada tahun 2020 dipastikan akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Bisnis seperti ini memanfaatkan kesadaran masyarakat untuk membayar segala kebutuhannya secara instan dan terjangkau. Bisnis PPOB akan memberikan pelayanan yang mudah untuk pembelian pulsa, pembayaran listrik, air, asuransi bpjs, cicilan kendaraan, dan lain sebagainya.

5. Startup Penjualan Jasa & Produk

Di tahun 2020 nanti, trend bisnis masih mengeksplorasi budaya konsumtif masyarakat tanah air yang ingin serba cepat, praktis dan murah. Kesempatan ini banyak dimanfaatkan oleh generasi milenial untuk membuat berbagai aplikasi – aplikasi yang dinaungi sebuah startup atau bisnis rintisan.

Beberapa bisnis tersebut bisa Anda upayakan untuk perkembangan bisnis Anda di tahun 2020. Namun, Anda juga bisa menentukan bisnis lain yang dianggap sesuai dengan bidang Anda. Jika Anda mampu membangun bisnis sendiri, maka kemungkinan Anda akan dapat memberikan lapangan kerja kepada orang lain dan ketergantungan terhadap pebisnis asing akan berkurang.

——————————————-

Experience The Avenue8 Advantage today. Contact us for any Private Office, Coworking Space, Virtual Office, Meeting Room, and Event Space inquiries.

As featured on: The Jakarta Post, Daily Social, Detik, Tech in Asia, and more.